IMPLEMENTASI MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SDN 4 MADE LAMONGAN

Seviatin, Nurwahidah (2023) IMPLEMENTASI MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SDN 4 MADE LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
1904010034_SEVIATIN NURWAHIDAH.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://repository.umla.ac.id

Abstraksi

Penggunaan model pembelajaran yang sudah diterapkan di tingkat sekolah dasar sudah sangat beragam, namun dilihat dari penggunaanya belum sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik yang sesungguhnya. Kesesuaian tujuan dan materi serta komponen pembelajaran dalam pemilihan model pembelajaran sangat diperlukan, agar dapat memudahkan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas 3 di SDN 4 Made Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Peneliti menggunakan soal pre-test dan post-test untuk mengetahui pengaruh menggunakan model pembelajaran tersebut, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, analisis data. dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sebelum digunakan dalam pnelitian, sudah dilakukan validasi pada instrumen yang akan digunakan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang sudah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan. Pada kelas eksperimen nilai siwa meningkat lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kelas eksperien pembelajarannya dengan menggunak model CTL (Contextual Teaching and Learning) sedangkan di kelas kontrol guru menggunakan metode konvensional yang biasanya digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini bisa dilihat dari perbedaan nilai post-test yang mendapatkan rata-rata untuk kelas kontrol 72,84 sedangkan kelas eksperimen 85,96. Hal ini dapat dilihat pada hasil penghitungan t-test yang menyatakan ada perbedaan yang signifikan dengan hasil t-test 0,001 < 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional atau dengan kata lain ditolak dan diterima.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Model CTL (Contextual Teaching and Learning), Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:00
Last Modified: 28 Aug 2023 08:00
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3234

Actions (login required)

View Item View Item