Efektivitas Media Science Preparation Program Sebagai Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar

Dianda Arbi Prameswari, D.A.P. and A.F. Suryaning Ati MZ, A.F.S.A.M.Z and Humairah, H Efektivitas Media Science Preparation Program Sebagai Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Efektivitas Media Science Preparation Program Sebagai Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. (Submitted)

[img] Text
Dianda Arbi Prameswari_Efektivitas Media Science Preparation Program Sebagai Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar.pdf

Download (355kB)

Abstraksi

Teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan cepat dan manusia saat ini bergantung pada teknologi untuk melakukan aktivitasnya termasuk dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain control group pretest posttest. Analisis data yang yang digunakan adalah uji validasi dan efektivitas media. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Muhammadiyah 1 Babat. Uji validasi perangkat memperoleh rata-rata 4,78 dengan kategori sangat layak. Secara keseluruhan validitas soal-soal tersebut dapat soal dapat dikatakan valid. Hasil reliabilitas secara keseluruhan dikatakan konsisten. Tingkat Tingkat kesukaran mendapatkan hasil mudah, sedang, dan sukar. Daya pembeda mendapatkan hasil nilai cukup, baik, dan baik sekali. Uji T mendapatkan nilai Sig. sebesar 0,002 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol dan kelas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji N-Gain Score pada kelas eksperimen mendapatkan nilai 46,36% dengan kategori dengan kategori tinggi dan kelas kontrol mendapatkan 37,40% dengan kategori sedang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa efektivitas media Science Preparation Program lebih tinggi dibandingkan menggunakan media konvensional.

Item Type: Article
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:59
Last Modified: 28 Aug 2023 06:59
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3215

Actions (login required)

View Item View Item