PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI “EKOS-V” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Azmy, Dymas (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI “EKOS-V” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI “EKOS-V” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. pp. 1-14.

[img] Text
Dymas Zahruddin Azmy_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI “EKOS-V” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS 5 SEKOLAH DASAR.pdf

Download (481kB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/

Abstraksi

Penelitian ini dilakukan karena menghadapi masalah siswa yang cenderung menghabiskan waktu bermain game dan menggunakan media sosial pada smartphone mereka. Akibatnya, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dan kurang fokus saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, mengimplementasikan teknologi game edukasi dalam proses belajar mengajar bagi siswa merupakan solusi yang tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan ADDIE Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery, dan Evaluations yang dikembangkan oleh Dick and Carey. Partisipan penelitian ini adalah 26 siswa dari kelas 5 SD Negeri 2 Sukodadi. Data penelitian terdiri dari hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi. Selanjutnya, tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran diukur melalui angket yang diisi oleh siswa tersebut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran game edukasi "EKOS-V" dinilai sangat valid oleh ahli media dan ahli materi, serta layak digunakan tanpa revisi. (2) Respon siswa terhadap media pembelajaran game edukasi "EKOS-V" positif, dengan siswa lebih tertarik dan antusias dalam belajar berkat penggunaan media tersebut. Oleh karena itu, penelitian dengan judul "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi 'EKOS-V' Sebagai Media Pembelajaran IPA di Kelas 5 Sekolah Dasar" dianggap berhasil

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, game edukasi, respon siswa, EKOS-V, smartphone.
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:29
Last Modified: 22 Sep 2023 07:29
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3195

Actions (login required)

View Item View Item