PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH 01 PAYAMAN

Mardlliyatus Sania, Anggita (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH 01 PAYAMAN. http://repository.umla.ac.id/. pp. 1-93.

[img] Text
JURNAL ANGGITA FIXX.pdf

Download (227kB)

Abstraksi

Penelitian ini dilatar belakangi dengan siswa yang kurang fokus pada proses pembelajaran di kelas V MI Muhammadiyah 01 Payaman. Hal ini juga dibuktikan pada saat proses pembelajaran nilai yang diperoleh siswa belum mencapai kriteria ketuntasan maksimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas V di MI Muhammadiyah 01 Payaman. Metode yang digunakan adalah Quasi experimental design. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 0.263, sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 0.074. Setelah dilakukan tindakan pada kelas eksperimen, nilai rata-rata postest pada kelas eksperimen adalah 0.344, sedangkan nilai posttes pada kelas control yang tidak dilakukan tindakan adalah 0.238. Perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh taraf signifikansi 0,05. Karena nilai signifikansi 0,001 dimana hasil tersebut merupakan < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media video interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah 01 Payaman

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Video Interaktif, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:29
Last Modified: 22 Sep 2023 07:29
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3194

Actions (login required)

View Item View Item