Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III SDN 2 Tambakrigadung

Musyayadatul, Hikmah (2023) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III SDN 2 Tambakrigadung. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III SDN 2 Tambakrigadung. pp. 1-181.

[img] Text
1904010015_Musayyadahtul Hikmah.docx

Download (35kB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/

Abstraksi

Penelitian ini berfokus pada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar tematik siswa. Tujuan utama dari penelitian yang dilakukan ialah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III SDN 2 Tambakrigadung. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa untuk aktif serta saling membantu dalam menguasai materi untuk mencapai prestasi yang maksimal, dengan menggunakan pembelajaran tipe jigsaw ini siswa dituntut agar saling ketergantungan yang positif ( saling memberi tahu ) terhadap teman sekelompoknya. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat memanfaatkan kelompok kecil untuk memaksimalkan belajar dan belajar anggota lainnya dalam kelompok itu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen yang menggunakan desain Quasi Experimental Design. Sample yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 2 kelas yang terdiri dari kelas III A sebanyak 20 siswa dan III B sebanyak 20 siswa di SDN 2 Tambakrigadung. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil perhitungan selisih nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol yang menunjukan bahwa kelas eksperimen menujukan bahwa thitung memiliki nilai rata-rata (15,10), sedangkan untuk kelas kontrol menunjukan bahwa ttabel nilai rata-rata (10,97) maka thitung > ttabel pada taraf signifikasi 0,05. Dari hasil rata-rata yang telah diperoleh dikuatkan kembali dengan uji independen samle t tes untuk mengetahui adanya pengaruh variabel bebas (pembelajaran kooperatif tipe jigsaw) terhadap valiable terikat (hasil belajar siswa). Berdasarkan hasil uji tersebut diperoleh hasil yang dapat dilihat dalam kolom sig. (2-tailed) memperoleh hasil 0,000. Kreteria tersebut telah ditentukan, jika sig. (2-tailed) < a = 0,05 maka Ho ditolak. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sig. (2-tailed) 0,000 < a = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dengan begitu, perdapat pengaruh model pembelajaran kooperetif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Tambakrigadung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Tematik Siswa.
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:29
Last Modified: 22 Sep 2023 07:29
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3186

Actions (login required)

View Item View Item