Pengembangan Media Wayang Kartun Keberagaman Budaya Untuk Mengukur Pemahaman Literasi Mendongeng Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Andy Rahmat Prayogo, Andy (2023) Pengembangan Media Wayang Kartun Keberagaman Budaya Untuk Mengukur Pemahaman Literasi Mendongeng Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan Media Wayang Kartun Keberagaman Budaya Untuk Mengukur Pemahaman Literasi Mendongeng Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. pp. 1-110.

[img] Text
jurnal andy rahmat.pdf

Download (323kB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Prayogo, Ramat Andy. 2023. Pengembangan Media Wayang Kartun Keberagaman Budaya Untuk Mengukur Pemahaman Literasi Mendongeng Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Sains Teknologi Dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing : (1) Oriza Zativale, M.Pd. (2) A.F. Suryaning Ati MZ., M.Pd Kata Kunci : media wayang, keberagaman budaya, literasi mendongeng Media wayang kartun merupakan sebuah media yang dikembangkan dan dibuat dengan konsep wayang dan gambar kartun dengan menggunakan kertas yang digunakan sebagai alat pembelajaran, penelitian ini bertujuan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan media Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu model pengembangan 4-D. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Babat yang terdiri dari kelas IV A dan kelas IV B. Validasi media wayang kartun yang terdiri dari validasi ahli media memperoleh skor 98%, 94.5%, dan 91.25% dengan kategori sangat layak. Uji coba terbatas pada angket respon siswa dan aktivitas siswa memperoleh skor 99% dan 98% dengan kategori sangat baik dan baik, sedangkan uji coba lapangan pada angket respon siswa dan aktivitas siswa memperoleh hasil 75% dan 87% dengan kategori hasil sangat baik sedangkan uji normalitas pada kelas eksperimen pada pretest adalah 0,581 dan posttest adalah 0,233 dimana nilai tersebut merupakan > 0,05 sedangkan pada kelas homogen perolehan nilai sig pada preetest .0,059 dan posttest adalah 0,263 dimana nilai tersebut > 0,05 sedangkan uji omogenitas menunjukan bawa nilai sig 149 > 0,05 Uji T Sig (2 tailed) adalah 0,000 dimana hasil tersebut < 0,05 N-Gain Score pada kelas eksperimen 73,44% pada kelas control 45,39% nilai efektivitas kedua kelas 1,61. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa media wayang kartun valid dan praktis digunakan dalam materi keberagaman budaya .

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media wayang, keberagaman budaya, literasi mendongeng
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 22 Sep 2023 02:36
Last Modified: 22 Sep 2023 02:39
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3165

Actions (login required)

View Item View Item