HUBUNGAN RESPONSE TIME TRIAGE DAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DIRUANG IGD RSM AHMAD DAHLAN KEDIRI

Wahyudi, Agung Eko (2023) HUBUNGAN RESPONSE TIME TRIAGE DAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DIRUANG IGD RSM AHMAD DAHLAN KEDIRI. Jurnal Surya, 1 (2). pp. 1-9.

[img] Text
JURNAL AGUNG EKO WAHYUDI.pdf

Download (303kB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/cgi/users/home?screen...

Abstraksi

ABSTRAK Komplain terhadap pelayanan IGD sering dialami oleh tenaga kesehatan yang sedang bertugas, hal tersebut terkait response time dan komunikasi yang dilakukan. Apabila masalah tersebut tidak diatasi akan membuat kepuasan keluarga dan pasien menjadi berkurang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan response time triage dan komunikasi terapeutik dengan kepuasan keluarga pasien di Ruang IGD RSM Ahmad Dahlan Kediri. Desain penelitian adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan bulan Desember 2022 bertempat di Ruang IGD RSM Ahmad Dahlan Kediri. Populasi sebanyak 36 responden. Sampling menggunakan Accidental sampling. Sampel sebanyak 36 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan Spearman rank dengan tingkat signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan dari 36 responden besar responden memiliki response time triageyang cepat yaitu sebanyak 22 responden (61,11%), sebagian besar responden menilai komunikasi terapeutik yang dilaksanakan dalam kategori baik yaitu sebanyak 21 responden (58,33%) dan hampir setengah responden memiliki tingkat kepuasan dalam kategori memuaskan yaitu sebanyak 14 responden (38,89%). Uji statistik Spearman rank ,response time triage dengan kepuasan keluarga pasien didapatkan p value = 0,000 ≤ α = 0,05 dan nilai r = 0,894 sedangkan komunikasi terapeutik dengan kepuasan keluarga pasien didapatkan p value = 0,000 ≤ α = 0,05 dan nilai r = 0,758. Ada hubungan response time triagedan komunikasi terapeutik dengan kepuasan keluarga pasien di Ruang IGD RSM Ahmad Dahlan Kediri dengan tingkat korelasi sangat kuat. Dalam upaya memberikan pelayanan yang profesional perlu meningkatkan mutu dengan memberikan response time triage yang cepat dan komunikasi terapeutik yang baik. Kata Kunci: Response Time Triage, Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Keluarga Pasien

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Response Time Triage, Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Keluarga Pasien
Subjects: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 31 May 2023 08:55
Last Modified: 31 May 2023 08:55
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/2942

Actions (login required)

View Item View Item