“GAMBARAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN KOTA KEDIRI”

Bahrur Rokhim, Didik (2023) “GAMBARAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN KOTA KEDIRI”. Jurnal Surya, 1 (2). pp. 1-10.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI DIDIK.pdf

Download (218kB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/cgi/users/home?screen...

Abstraksi

Instalasi gawat darurat berfungsi menerima, menstabilkan dan mengatur pasien yang membutuhkan penanganan gawat darurat segera, baik dalam kondisi sehari hari maupun bencana. Kepuasan keluarga sangat penting dalam pelayanan kesehatan menjadi prioritas dalam keperawatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kepuasan keluarga pasien terhadap pelayanan di Instalasi Gawat Darurat RSM Ahmad Dahlan Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan sampel penelitian adalah seluruh anggota keluarga pasien IGD sebanyak 95 responden dengan teknik Accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa Responden merasa sangat puas (34%), puas (55%), kurang puas (9%), dan tidak puas (2%) dengan rerata indikator dimensi Responsiveness (19,03), Assurance (19,65), Tangible (15,46), Emphaty (15,27), dan Reliability (14,6). dengan rerata skor total (84,86). Dari rerata tertinggi dimensi Assurance sebagian besar responden merasa puas pada pernyataan petugas memeriksa pasien dengan seksama dan teliti, keamanan pelayanan, dan petugas memberikan kesempatan pasien dan keluarga untuk bertanya serta merasa kurang puas pada dimensi Reliability dimana pernyataan kemudahan prosedur penerimaan pasien dan petugas dalam menjelaskan penyakit yang diderita pasien dengan baik dan jelas. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi peningkatan mutu terhadap pelayanan di Instalasi Gawat Darurat mengenai tingkat kepuasan keluarga pasien terutama pada dimensi Reliability. Kata kunci: gambaran kepuasan, keluarga pasien, Instalasi Gawat Darurat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: gambaran kepuasan, keluarga pasien, Instalasi Gawat Darurat
Subjects: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 31 May 2023 02:35
Last Modified: 31 May 2023 02:35
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/2913

Actions (login required)

View Item View Item