PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE SIMULATION BASED LEARNING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK DALAM PROKES 5M DI SDN SUPENUH, SUGIO, LAMONGAN

Maghfiro, Dwi Azza (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE SIMULATION BASED LEARNING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK DALAM PROKES 5M DI SDN SUPENUH, SUGIO, LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Skripsi Dwi Azza M_.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/cgi/users/home?screen...

Abstraksi

ABSTRAK Maghfiro, Dwi Azza 2022, Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Simulation Based-Learning terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak dalam Prokes 5M di SDN Supenuh, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan Skripsi. Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Dr. Dadang Kusbiantoro, S. Kep.,Ns.,M. Si (2) Sylvi Harmiardillah, S.Kep., Ns., M.Kep. Pencegahan Covid-19 sangat diperlukan untuk menekan kasus kejadian penyebaran virus, yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin menjalankan 5M . Makna 5M itu berarti mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumunan dan membatasi kegiatan atau interaksi dengan orang lain. Simulation Based-Learning adalah strategi pendidikan yang memfasilitasi penerapan pembelajaran berbasis kelas ke lingkungan klinis, dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan klinis. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Simulation Based-Learning terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak dalam Prokes 5M di SDN Supenuh. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan pendekatan one group pre test – post tets design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas 1-3 di SDN Supenuh, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan sebanyak 49 responden. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling, cara pengumpulan data dengan kuesioner tentang prokes 5M. Data dianalisis dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan simulation based-learning terhadap pengetahuan anak dalam prokes 5M (p=0,000). Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan simulation based-learning terhadap sikap anak dalam prokes 5M (p=0,000). Simulation Based-Learning terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anak. Diharapkan pembelajaran ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : simulation based-learning, pengetahuan, sikap, 5M

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: simulation based-learning, pengetahuan, sikap, 5M
Subjects: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:47
Last Modified: 29 Dec 2022 08:47
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/2481

Actions (login required)

View Item View Item