HUBUNGAN JUMLAH ANGGOTA KELUARGA DAN STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH DI TK SWANDAYANI II DESA JUBEL KIDUL KECAMATAN SUGIO KABUPATEN LAMONGAN

Rizqi, Riyadlotur (2022) HUBUNGAN JUMLAH ANGGOTA KELUARGA DAN STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH DI TK SWANDAYANI II DESA JUBEL KIDUL KECAMATAN SUGIO KABUPATEN LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
RIYADLOTUR RIZQI FIKS_.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/cgi/users/home?screen...

Abstraksi

ABSTRAK Rizqi, Riyadlotur. 2022. Hubungan Jumlah Anggota Keluarga Dan Stimulasi Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di TK Swandayani II Desa Jubel Kidul Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Lilis Maghfuroh, S.Kep., Ns., M. Kes. (2) Harnina Samantha Aisyah, S.Kep.Ns.MNS Gangguan perkembangan anak prasekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor pola asuh orangtua dan jumlah saudara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan jumlah anggota keluarga dan stimulasi dengan perkembangan anak usia prasekolah di TK Swandayani II Desa Jubel Kidul Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. Desain penelitian ini adalah korelasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebanyak 48 anak usia prasekolah dan orangtua, menggunakan Teknik Simple Radom Sampling didaptkan sebanyak 43 anak usia prasekolah dan orangtua. Data penelitian ini diambil menggunakan kuesioner. Setelah ditabulasi data dianalisis menggunakan uji Spearman Rho dengan tingkat kemaknaan p = <0,05. Hasil penelitian menunjukkan hampir sebagian (16 anak) memiliki jumlah anggota yang besar, hampir seluruhnya (35 anak) mendapatkan stimulasi yang baik, dan hampir seluruhnya (37 anak) usia prasekolah perkembangannya sesuai. Berdasarkan hasil analisis dengan nilai dari hubungan jumlah anggota keluarga dengan perkembangan anak usia prasekolah didapatkan p = 0.002 (p<0.05) rs = 0,457 artinya ada hubungan jumlah angggota keluarga dengan perkembangan anak usia prasekolah, dan dari hubungan stimulasi dengan perkembangan anak usia prasekolah didapatkan nilai p = 0.001 (p<0.05) rs = 0.497 artinya ada hubungan antara stimulasi dengan perkembangan anak usia prasekolah. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan orangtua mampu memberikan stimulasi yang baik kepada anak, supaya anak bisa mencapai perkembangan dengan sesuai bedasarkan tingkat usia anak. Kata Kunci: Keluarga, Perkembangan anak, Prasekolah, Stmulasi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Perkembangan anak, Prasekolah, Stmulasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:19
Last Modified: 29 Dec 2022 03:19
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/2467

Actions (login required)

View Item View Item