PENGARUH EDUKASI TABLETOP TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN SISWA SDN PILANG PADA BENCANA BANJIR DI KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO

Safitri, Desty Nuris (2022) PENGARUH EDUKASI TABLETOP TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN SISWA SDN PILANG PADA BENCANA BANJIR DI KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI_DESTY NURIS SAFITRI_.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/cgi/users/home?screen...

Abstraksi

ABSTRAK Safitri, Desty Nuris. 2022. Pengaruh Edukasi Tabletop Terhadap Pengetahuan dan kesiapsiagaan Siswa SDN Pilang Pada Bencana Banjir di Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Nur Hidayati, S.Kep., Ns., M.Kep, (2) Trijati Puspita Lestari, S.Kep., Ns., M.kep Anak-anak merupakan salah satu kelompok rentan apabila menghadapi sebuah bencana karena keterbatasan pemahaman resiko di sekeliling mereka. Bencana banjir dipandang lebih mengkhawatirkan pada kelompok anak yang rentan beresiko terkena dampak bencana. Pemberian edukasi penting untuk siswa SD dalam pengurangan resiko bencana. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh edukasi tabletop bencana banjir terhadap pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa SDN Pilang. Desain penelitian menggunakan Pre Eksperimental one group pre-post test pada 63 siswa SD yang diambil secara Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan di SDN Pilang Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro pada Juni 2022. Intervensi yang diberikan berupa edukasi role play tentang evakuasi bencana banjir menggunakan media tabletop secara offline. Data penelitian diambil melalui kuesioner (pengetahuan) dan lembar observasi (kesiapsiagaan), kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon (α≤0,05). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan siswa sebelum dan sesudah perlakuan (p=0.001) dan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kesiapsiagaan siswa sebelum dan sesudah perlakuan (p=0.001), dengan mean pengetahuan (44.13) dan mean kesiapsiagaan (41.44). Tabletop terbukti lebih efektif meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan dibandingkan metode lain (video atau simulasi). Diharapkan pihak sekolah menambahkan media mainan edukatif yang berkaitan dengan penyelamatan diri kepada anak-anak bila terjadi benaca banjir. Kata Kunci : Bencana banjir, Kesiapsiagaan, Pengetahuan, Siswa SD, Tabletop

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bencana banjir, Kesiapsiagaan, Pengetahuan, Siswa SD, Tabletop
Subjects: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:22
Last Modified: 27 Dec 2022 04:22
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/2433

Actions (login required)

View Item View Item