HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

Putri, Lily Amanda Kusaini (2022) HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI_LILY AMANDA KUSAINI PUTRI_.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/cgi/users/home?screen...

Abstraksi

ABSTRAK Lily Amanda Kusaini Putri, 2022. Hubungan self regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa keperawatan di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Skripsi Prodi S1 Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing: (1) Suratmi, S.Kep., Ns., M.Kep (2) Nurul Hikmatul Q, S.Kep., Ns., M.Kep Pembelajaran jarak jauh pada mahasiswa di pendidikan tinggi tidak terlepas dari tugas-tugas kuliah baik akademik maupun non akademik. Mahasiswa keperawatan mempunyai kesulitan untuk melakukan sesuatu sesuai batas waktu yang ditentukan sehingga dikatakan sebagai mahasiswa yang melakukan prokastinasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan self regulated learning dengan prokrastinasi akademik mahasiswa keperawatan. Desain penelitian adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebanyak 175 mahasiswa, menggunakan teknik sampel Stratified Random Sampling didapatkan hasil sebanyak 120 mahasiswa. Data penelitian diambil menggunakan kuisioner SRL untuk mengukur self regulated learning dan kuisioner PASS (Procrastination Assesment Scale-Student) untuk mengukur prokrastinasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa keperawatan memiliki self reulated learning tinggi (54,17%) dan juga sebagian besar mahasiswa memiliki prokrastinasi akademik sedang (59,2%). Hasil analisis dengan uji spearman rho diperoleh nilai p= 0,000 dan nilai rs= -0,509 Artinya ada hubungan self regulated learning dengan prokrastinasi akademik dengan korelasi negatif. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan peneliti selanjutnya tertarik untuk mengadakan penelitian dengan topik yang sama dengan lebih memperhatikan subjek penelitian dan populasi yang lebih luas dan diharapkan mampu dijadikan bahan evaluasi diri bagi mahasiswa agar dapat meningkatkan regulasi diri dalam belajar sehingga terhindar dari perilaku prokrastinasi. Kata Kunci: Self Regulated Learning, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa Keperawatan

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa Keperawatan
Subjects: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 13 Dec 2022 01:56
Last Modified: 13 Dec 2022 01:56
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/2401

Actions (login required)

View Item View Item