HUBUNGAN SISTEM ANTRIAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI KLINIK KANDUNGAN RUMAH SAKIT AISYIYAH BOJONEGORO

WILUJENG, PUSPITASARI (2021) HUBUNGAN SISTEM ANTRIAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI KLINIK KANDUNGAN RUMAH SAKIT AISYIYAH BOJONEGORO. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI WILUJENG PUSPITASARI-3.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Puspitasari, Wilujeng. 2021. Hubungan Antara Sistem Antrian Dengan Kepuasan Pasien di Klinik Kandungan Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro. Skripsi Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing: (1) Suratmi, S.Kep., Ns., M.Kep. (2) Nurul Hikmatul Qowi, S.Kep., Ns., M.Kep Pelayanan merupakan suatu hal yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh suatu rumah sakit. Baik buruknya pelayanan yang diberikan akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien Kemudahan akses dalam pelayanan sangatlah diharapkan oleh setiap pasien, namun yang terjadi adalah sistem antrian yang membuat pasien melalui banyak prosedur sehingga akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan akan menimbulkan ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Sistem Antrian Dengan Kepuasan Pasien di Klinik Kandungan Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasional dengan pendekatan crossectional, dengan teknik consecutive Sampling didapatkan 90 pasien. Variabel independen adalah sistem antrian dan variabel dependen adalah Kepuasan Pasien. Instrumen yang digunakan untuk kedua variabel tersebut adalah kuisioner tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari 90 responden yang menyatakan hampir seluruhnya pasien menilai sistem antrian rumah sakit Aisyiyah baik yaitu sebanyak 72 pasien (80%), sebagian besar pasien puas dengan pelayanan rumah sakit Aisyiyah yaitu sebanyak 60 pasien (66,7%). Hasil uji Spearmen Rank diketahui nilai p-value = 0,012 berarti p < 0.05 dengan kekuatan hubungan rs= 0,264 artinya ada hubungan antara Sistem Antrian Dengan Kepuasan Pasien di Klinik Kandungan Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan rumah sakit memberikan pelayanan terbaiknya khusunya dalam hal sistem antrian seperti memberikan pelayanan yang cepat dan tepat agar pasien tidak menunggu terlalu lama sehingga kepuasan pasien bisa tercapai. Kata kunci: Sistem Antrian, Kepuasan Pasien.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Antrian, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 16 Oct 2021 06:52
Last Modified: 16 Oct 2021 06:52
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item View Item