HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN

SILVI DWI, ANGGRAINI (2021) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Silvi Dwi Anggraini_Skripsi.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Anggraini, Silvi Dwi. 2021. Hubungan Kualitas Pelayanan Akademik Selama Pandemi Covid-19 dengan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Suratmi, S.Kep., Ns., M.Kep (2) H. M. Bakri Priyodwi A, S.Kp., M.Kep. Kepuasan mahasiswa akan perguruan tinggi dapat dilihat dari kualitas pelayanan akademik yang diterima sesuai dengan harapan dan kinerja pelayanan, namun masih ada beberapa permasalahan yang menimbulkan ketidakpuasan bagi mahasiswa. Tercapainya kepuasan mahasiswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya produk universitas, biaya, kenyamanan, dan terutama kualiatas pelayanan akademik yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan akademik selama pandemi covid-19 dengan tingkat kepuasan mahasiswa keperawatan di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Desain penelitian menggunakan metode analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional, didapatkan sampel 110 mahasiswa keperawatan semester VIII dengan teknik sistem random sampling, data dikumpulkan menggunakan kuesioner secara online dan dianalisis menggunakan uji korelasi rank spearman. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil 84(76,4%) mahasiswa menilai kualitas pelayanan akademik cukup baik dan 75(68,2%) mahasiswa merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Hasil analisis dengan uji spearman didapatkan hasil korelasi 0,490 dan signifikan (α) = 0,000 dengan α < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat hubungan kualitas pelayanan akademik selama pandemi covid-19 dengan tingkat kepuasan mahasiswa keperawatan di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan kualitas pelayanan akademik selama pandemi covid-19 di Universitas Muhammadiyah Lamongan bisa ditingkatkan dengan memperhatikan beberapa aspek pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pandemi Covid-19, Kepuasan Mahasiswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pandemi Covid-19, Kepuasan Mahasiswa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 16 Oct 2021 01:46
Last Modified: 16 Oct 2021 01:46
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item View Item