PENGARUH METODE AUSTICK (AUDIO VISUAL & TALKING STICK) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA SYNCOPE DI SMA MUHAMMADIYAH SUKODADI

RORO AYU, PRAMAYASTI SUKMA (2021) PENGARUH METODE AUSTICK (AUDIO VISUAL & TALKING STICK) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA SYNCOPE DI SMA MUHAMMADIYAH SUKODADI. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
RORO AYU PRAMAYASTI SUKMA.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Sukma, Roro Ayu Pramayasti. 2021. Pengaruh Metode Austick (Audio Visual & Talking Stick) Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Pertolongan Pertama Syncope di SMA Muhammadiyah Sukodadi Lamongan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Ns. Nur Hidayati, M.Kep. (2) Ns. Suratmi., M.Kep. Syncope merupakan suatu keadaan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, terutama di sekolah. Pengetahuan yang kurang dalam melakukan pertolongan pertama syncope dapat menyebabkan terjadinya keterlambatan dalam melakukan pertolongan dan mungkin bisa mengakibatkan adanya kesalahan dalam melakukan penanganan pertama. Metode austick merupakan penggabungan dari audio visual dan talking stick yang bertujuan untuk melatih siswa dalam berpendapat sehingga suasana kelas terlihat lebih hidup dan tidak monoton Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Metode Austick (Audio Visual & Talking Stick) Terhadap Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Syncope Pada Siswa di SMA Muhammadiyah 8 Sukodadi Lamongan. Desain penelitian ini menggunakan metode Pre Eksperimental One Group Pretest-Posttest design pada 53 siswa, yang diambil secara cluster random sampling. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 8 Sukodadi pada April 2021. Intervensi yang diberikan berupa pemutaran video edukasi tentang pertolongan pertama syncope dan talking stick dalam kelompok kecil. Data penelitian diambil melalui kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan siswa tentang pertolongan pertama syncope di SMA Muhammadiyah 8 Sukodadi sebelum dan sesudah diberikan metode austick tentang pertolongan pertama syncope (p=0,001). Metode Austick terbukti lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan dibandingkan hanya memberikan audio visual saja atau talking stick saja. Metode austick dapat dijadikan sebagai pertimbangan metode pemberian edukasi pada pasien atau metode pembelajaran di sekolah. Selain itu, peneliti merekomendasikan peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lanjutan dengan menambah jumlah sampel dan kelompok kontrol. Kata Kunci : Metode Audio Visual & Talking Stick, Pengetahuan Siswa Syncope

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Audio Visual & Talking Stick, Pengetahuan Siswa Syncope
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:49
Last Modified: 14 Oct 2021 07:49
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item